Sambal Ijo

Tak lengkap rasanya jika makan rendang tanpa sambal yang satu ini. Ya, sambal ijo namanya. Mungkin karena warnanya yang hijau makanya dikenal dengan sambal ijo. Ummi dapat resep ini dari nenek. Maklum, walau kami orang betawi tapi lidah kami sangat bersahabat dengan masakan daerah di Indonesia. Ini mah namanya doyan, hehehe


Bahan-bahan:

  • Cabai hijau besar
  • Cabai rawit
  • Bawang merah, iris
  • Tomat hijau yang kecil
  • Minyak untuk menumis
  • Garam secukupnya







Cara membuat:

  • Rebus cabai hijau besar, cabai rawit, bawang merah dan tomat hijau. Setelah matang, angkat lalu tiriskan. 
  • Uleg kasar bahan tersebut dan tambahkan garam,
  • Tumis hingga matang.

Sambal siap disajikan bersama rendang atau gulai dan lalap daun singkong. Hmm... Nikmat rasanya...


Note: Takaran untuk setiap bahan dikira-kira saja ya, disesuaikan dengan lidah dan selera masing-masing.

15 komentar:

mimi 3 Kurciss mengatakan...

salam kenal umi.....resepnya mantep,plg klo ada pete plus teri medan yak hahaha

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

ini sambal seperti dirumah makan padang ya bun.aku suka sekali

Kaifa mengatakan...

wah mantabs ni resepnya..nyontek ya mba...

dey mengatakan...

iya nih, sambel ini emak enak .. makannya pakai nasi anget .. huah ....

Yunda Hamasah mengatakan...

iya eunak banget, sensasi pedas yang berbeda.

Hmmm, mantap makan pake sambal ijo ;)

Maaf ya tentang Chapca, hiks...

risa mengatakan...

nyam .. jadi laper euy :D

bunda kanaya mengatakan...

aku ga doyan sambel ummi.... udah kebayang pedesnya... hehehe

Lyliana Thia mengatakan...

sambal ijo salah satu favoritku nih Bun... uenak... makan nasi padang sambelnya yg minta dibanyakin hehehe :-D

Ummi Nabil mengatakan...

@mimi 3 Kurcisssalam kenal juga mba. terima kasih sudah mampir kesini.

ayo dicoba mba resepnya

Ummi Nabil mengatakan...

@Lidya - Mama Pascalsaya juga suka :)

Ummi Nabil mengatakan...

@Kaifasilakan... kirim2 ya kalo udah jadi :)

Ummi Nabil mengatakan...

@deyhuah juga *lap keringet

Ummi Nabil mengatakan...

@Yunda Hamasahbetul mba. pedasnya bikin ketagihan.

capcha nya gpp ko mba

Ummi Nabil mengatakan...

@bunda kanayasaya mah pecinta sambel mba.

Ummi Nabil mengatakan...

@Lyliana Thiabetul mba. kalo bisa mah nambah sambelnya aja, hehe

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Yang Telah Berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Buscar