Nabil Belajar Sholat

Kejadian ini pertama kali Ummi lihat ketika menginap di rumah Nenek. Pagi ketika adzan shubuh berkumandang di TV, dengan spontan Nabil langsung mengubah posisi tangannya menjadi bersedekap seperti orang sholat. Walau posisi tangannya masih belum tepat tetapi Nabil sudah mengerti ketika ada suara adzan berarti waktunya untuk sholat.

Subhanallah... Jadi anak sholeh ya Nak...




Akhirnya Beli Sikat Gigi

Sudah lama rencana pingin beliin Nabil sikat gigi. Maksudnya ya supaya membiasakan atau mengajarkan sejak dini untuk menjaga kebersihan gigi. Secara Nabil kan sudah mulai MPASI sejak usia 6 bulan, eh... tapi Ummi baru kefikiran buat ngajarin Nabil sikat gigi di usia 1 tahun, mudah-mudahan belum terlambat ya Nak... 

Sempat juga mencoba membersihkan mulut Nabil dengan menggunakan kassa (atas saran seorang teman) yang dililitkan di tangan. Tapi sepertinya cara ini sukses gagalnya alias Nabil ngga mau buka mulut, bahkan sampe nangis-nangis. 






Ya sudahlah akhirnya Ummi coba 'tanya' sama Mbah google tentang sikat gigi bayi (karena sudah dicari di supermarket terdekat dan ngga ada yang jual). Akhirnya ketemu juga sama sikat gigi yang dalam satu kemasan ada 3pcs. Ada finger toothbrush, ada pembersih lidah, dan ada sikat gigi lanjutannya. Harganya tiga puluh delapan ribu rupiah saja. Hmmm... lumayan lengkap dan harganya ngga terlalu mahal. Beli yang ini aja deh...




Nah, bagaimana reaksi Nabil jika gosok giginya pakai finger toothbrush??? 
Nantikan kisah selanjutnya... hehehe

Hari Ibu : Perempuan Serba Bisa




Foto di atas adalah Neneknya Nabil (ibunya Ummi) sedang mencukur rambut Nabil yang saat itu baru berusia tujuh hari. Meskipun usia Nenek yang sudah tidak muda lagi dan penglihatan yang mulai berkurang tapi Nenek masih bisa dan berani untuk mencukur rambut Nabil yang masih bayi.

Lokasi : Rumah Nenek (Ciledug ,Tangerang)




Potret ini diikutsertakan dalam Kontes Perempuan dan Aktivitas yang diselenggarakan oleh Ibu Fauzan dan Mama Olive


Foto itu memang perah Ummi posting di sini. Tapi foto inilah yang menurut Ummi layak untuk diikutsertakan di giveaway ini.

PR Sebelas di Dua Belas

Sudah lama dapet PR daru Mba Lia, tepatnya di bulan November yang lalu. Karena sering tertunda dengan postingan yang lain, jadi baru sempat dikerjain sekarang. Maafkeun ya..


Sebutkan 11 daftar makanan yang pengen kamu makan sekarang!
tapi karena sekarang sudah bulan Desember jadi jawabannya Ummi tambah 1 aja ya...

Jawabannya adalah :

  1. Pempek (Asli dari Palembang ya karena rasa ikannya lebih 'menggigit'))
  2. Rujak buah yang sambelnya pake bumbu kacang
  3. Soto ayam surabaya (yang pake bumbu koya itu lho ditambah perasan jeruk nipis dan sambel yang banyak, segeurrrr)
  4. Masakan padang (Mulai dari gulai, rendang, dendeng, lalap daun singkong, sayur nangka, sambel ijo, dll)
  5. Mie ayam 'penasaran' (kalo beli mie ayam ini ngantrinya lamaaaaa banget)
  6. Pecel sayuran 'pasar kaget' dekat rumah mertua
  7. Pecel ayam yang sambelnya pedessss
  8. Seafood bakar (udang dan cumi)
  9. Kebab pedassss
  10. Mie Aceh dengan irisan cabe rawit
  11. Gorengan 'abang-abang' dengan cabe rawit
  12. Mie rebus Jawa (yang di Jogja, kalo beli mie ini harus siap ngantri lama karena bikinnya ngga digabung dengan pesenan pelanggan yang lain walaupun memesan menu yang sama. Ini yang bikin khas rasanya)
Sebenarnya masih banyak lagi daftar makanannya. Secara Ummi kan 'pemakan segala'. Suka dengan segala jenis makanan bahkan dari beberapa daerah di Indonesia.

Btw, dari daftar makanan yang ada ternyata ngga ada makanan khas betawi yak??? Hmmm.... :D




Aku Sayang Binatang : Kucing



Lokasi : Rumah Nenek

Catatan Ummi :
Ummi memang tidak pernah menakut-nakuti Nabil dengan binatang apapun karena menurut Ummi fitrah seorang anak adalah berani hanya lingkungan sekitarnya yang membuatnya takut. Berusaha untuk mengajarkan saling menyayangi kepada sesama makhluk hidup, walalupun Ummi takut tidak suka dengan binatang tertentu tapi Ummi tidak pernah memperlihatkannya kepada Nabil. Kecuali jika memang binatang itu berbahaya, Ummi cukup mengawasi saja.


NB: Alhamdulillah sudah pindahan walau belum selesai beres-beres :)

Nabil dan Kursi Makan

Sejak mulai pertama kali MPASI Nabil memang tidak pernah duduk di kursi makan atau high chair. Ketika di awal MPASI pun Ummi hanya menggunakan stroller untuk mendudukkan Nabil dan jika sudah bosan maka lebih baik Ummi pangku saja. Dan Alhamdulillah sampai saat ini Nabil terbiasa makan dengan duduk walau terkadang harus ditemani dengan mainan.


Kembali ke topik semula...

Nah, kejadian ini terjadi ketika Ummi silaturahim ke rumah seorang teman. Ketika tiba waktu makan, Nabil ditawari untuk menggunakan kursi makan anaknya yang usianya hanya beda beberapa bulan saja dengan Nabil. Berikut kejadiannya...


Menit-menit pertama Nabil masih bisa duduk terkendali:




Beberapa menit kemudian Nabil pun sudah tidak mulai nyaman :



Dan pada akhirnya Nabil pun berhasil mengangkat kakinya ke atas :


Maklum, ngga pernah duduk di kursi makan. Jadi begini deh tingkahnya ^^

Moment Tahun Pertama

Kelahiran
Alhamdulillah Nabil lahir pada hari Selasa 16 November 2010 pukul 11.35 bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1431 H (versi makkah) di Rumah Sakit Asri Duren Tiga dibantu oleh Dr. Botefilia SpOG. Lahir dengan BB 2800 gram, PB 49 dm dan lingkar kepala 34,5 cm. Lebih lengkap tentang cerita tentang kelahiran pernah Ummi posting di sini






Cukur Rambut dan Aqiqah (7d dan 21d)
Rambut Nabil pertama kali dicukur di usianya yang baru tujuh hari. Selain untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang ada tapi memang begitulah sunnah mengajarkan kami. Rambut yang dicukur ditimbang lalu beratnya dikonversikan dengan berat perak lalu diuangkan. Uangnya diinfakkan kepada kaum Dhuafa. Nabil dicukur dirumah sama Nenek. 




Khitan (38d)
Ummi dan Abi memang sepakat untuk mengkhitan Nabil ketika masih bayi. Proses penyembuhannya yang lebih cepat dan ternyata Nabil pun tidak rewel setelah di khitan.








MPASI (6m2d)
Jadwal MPASI Nabil mundur dua hari karena saat itu kami sedang berlibur ke Jogja (cerita ini belum sempat Ummi tulis). Alhamdulillah MPASI perdana Nabil sukses.  Ummi memakai aliran karbo-sayur-buah. Secara garis besar Nabil termasuk anak yang doyan makan. Hihihi... ini mah bakat Ummi yang turun ke Nabil.


selesai dicukur lalu mandi trus tidur deh, adem...
Cukur Rambut Kedua (6m 10d)
Karena rambut nabil sudah cukup panjang maka Ummi memutuskan untuk mencukur rambut Nabil yang kedua kali. Kali ini Ummi menggunakan jasa tukang cukur khusus bayi. Biayanya tiga puluh ribu rupiah sudah termasuk ongkos. Sayangnya Ummi tidak mengabadikan moment ini karena Ummi yang memangku Nabil ketika sedang dicukur.




Nabil yang sedang lelap tidur ketika makan sahur
karena baru tidur jam 1 pagi
Lokasi : masjid istiqlal malam ke 27 ramadhan
Ikut I'tikaf
Alhamdulillah ketika Ramadhan 1432 H Nabil ikut itikaf bersama Ummi dan Abi. Sempat khawatir juga ketika harus keluar malam mengajak Nabil itikaf. Tapi dengan niat yang baik Insya Allah semuanya akan berjalan baik-baik saja.






Cukur Rambut Ketiga (10m)
Kali ini rencana Ummi untuk mencukur rambut Nabil bertepatan dengan jadwal Abi keluar kota. Jadi, Nabil dicukur sama Nenek lagi. Cukurnya pakai cukuran yang biasa aja. Nah setelah dicukur lalu kepalanya dibasuh dengan air tumbukan daun pare. Kata Nenek biar tumbuhnya bagus.










Senangnya sudah bisa nge-blog lagi. Setelah pulang  ngungsi ke rumah Nenek dan sekarang sedang bersiap beres-beres untuk pindahan (lagi)

Tantangan Gurindam di Bulan Muharam

Bulan Muharam bulan Islam
Selamat datang tahun baru Islam


Yang lalu biarlah berlalu
Mari sambut tahun yang baru


Mari kita berbenah diri
Agar menjadi pribadi yang hakiki


Buatlah rencana dengan matang
Agar sukses di masa mendatang


********************************


Sudah lama ingin berpartisipasi
Tapi ide tak kunjung menghampiri


Kini terimalah persembahan dari kami
Yang ingin ikut meramaikan kontes ini




TIGA HAL TERKAIT SEBELAS


Sebelas terbaru tentang Ummi dan keluarga :


Akhirnya foto Abi muncul di blog Ummi ^^
Lokasi: di depan benteng vredeburg Jogja.
Muka capek setelah jalan2 keliling Malioboro
  1. Alhamdulillah Nabil genap setahun di bulan ini
  2. Nabil baru mulai belajar sikat gigi
  3. Setelah diperhatikan ternyata kalau Nabil makan nasi harus pakai kuah yang banyak
  4. Banyak hal yang ada di Ummi juga ada di Nabil terutama selera makan ^^
  5. Alhamdulillah berat badannya naik 0.2 kg setelah tiga bulan bertahan di 8.5 kg
  6. Alhamdulillah Nabil sudah ada kemauan untuk belajar makan sendiri
  7. Alhamdulillah giginya sudah tambah dua di atas. Jadi total ada enam
  8. Ummi sering tidak fokus kalau sudah berada di depan komputer                   
  9. Abi yang ingin resign dari kantor kalau sudah berurusan dengan orang dinas. Sering ditarik ulur katanya (Abi kan bukan layangan, hihihi)
  10. Dua bulan terakhir ini Abi sering keluar kota yang menyebabkan Ummi dan Nabil harus mengungsi ke rumah Nenek. Karena hal ini juga akhirnya kegiatan blogging jadi berkurang
  11. Ini yang paling terbaru. Insya Allah pertengahan bulan Desember kami sekeluarga akan berpindah rumah kontrakan. Maka kegiatan blogging pun akan berkurang lagi :(

Sebelas janji untuk diri sendiri, cita-cita dan harapan untuk tahun yang akan datang :
  1. Menjadi istri yang lebih baik dan mengerti suami
  2. Menjadi ibu yang lebih baik lagi untuk anak-anak kelak
  3. Berharap dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah
  4. Menjadi hamba-Nya yang selalu bersyukur
  5. Bisa lulus program tahsin agar bisa melanjutkan ke program tahfidz
  6. Semoga keluarga ini bisa menjadi keluarga penghafal Alquran
  7. Ketika Abi pulang kerja berharap rumah sudah rapih walau rasanya diri ini sudah terlalu lelah
  8. Punya mobil sendiri. Jadi kalau kami bepergian tidak perlu 'berdesakan' di motor
  9. Pergi haji bersama Abi tercinta
  10. Memberikan adik buat Nabil ^____^
  11. Membahagiakan orang tua di masa senjanya
Semoga sebelas hal di atas dapat terwujud. Amin...


Sebelas yang tak akan diulangi :
  1. Melakukan kesalahan yang bisa membuat Abi sedikit marah
  2. Terburu-buru ketika ingin bepergian. Khawatir ada barang yang tertinggal
  3. Terlambat mendatangi acara rutinan
  4. Sakit ringan atau berat apalagi kalau sampai harus dirawat
  5. Berdebat dengan suami, lebih baik diam
  6. Menyalakan komputer/menggunakan internet untuk hal yang kurang bermanfaat atau tanpa tujuan yang jelas
  7. Ceroboh dalam melakukan pekerjaan
  8. Membiarkan masalah tanpa diselesaikan dengan tuntas
  9. Melakukan pekerjaan tanpa perencanaan
  10. Mudah marah karena hal yang kecil
  11. Panik ketika menghadapi masalah
Semoga sebelas hal di atas tidak terulang lagi di masa-masa yang akan datang. Amin



"Tulisan ini saya ikut sertakan di acara Gurindam Muharam Plus 33 yang diselenggarakan oleh Yunda Hamasah dan Lyliana Thia"





Ummi dan Keluarga mengucapkan:
Selamat Tahun Baru Islam 1433 H
Semoga Allah senantiasa melimpahkan keberkahan kepada kita semua
Amin


Note: Giveaway ini membuat tidur Ummi tak nyenyak ^^
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Yang Telah Berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Buscar