Belajar Bikin Pempek

Membaca postingannya Mba Dyah a.k.a Dee Ayu dan Mba Lidya tentang pempek, membuat Ummi tergerak untuk membuatnya. Maklum sebagai penggemar berat pempek rasanya tak afdhol kalau belum bisa membuatnya sendiri apalagi belakangan ini Ummi lagi rajin mencoba resep baru.


Tanya-tanya ke mbah google akhirnya ketemu resepnya di sini. Karena ini pertama kalinya Ummi bikin pempek maka Ummi memperhatikan sekali takaran setiap bahannya. Karena kalau kurang pas dengan takaran bahannya tentu akan sangat berpengaruh dengan rasa pempek yang dihasilkan nanti.


Beginilah pempek yang Ummi bikin:


Bahan-bahan:
500 gr ikan tenggiri
250 gr tepung sagu
10 sdm air es/dingin
2 sdt garam


Berikut cara membuatnya:


Cuci bersih ikan, kemudian pisahkan kulit dan tulang ikan dari dagingnya. Lalu haluskan


Karena ngga punya alat untuk menggiling akhirnya ikannya Ummi tumbuk
dan karena keterbatasan tenaga, ikannya ngga sampe halus banget


Masukkan air es dan garam. Aduk hingga rata




Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lengket dan siap dibentuk
Adonan yang sudah siap untuk dibentuk
Bentuk adonan sesuai selera




Rebus pempek dalam air mendidih dengan api sedang


Angkat bila pempek sudah mengapung lalu masukkan ke air dingin




Pempek siap digoreng atau disimpan dikulkas




Bersambung....



6 komentar:

HEЯRY mengatakan...

wah kalau sudah jadi enak cocok nih jadi lahan bisnis..hehe teruskan mbak memasak yang unik, tambah ilmu tambah manfaat :)

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

kalau dekat ,aku mampir deh kerumah umi :)

ita mengatakan...

Astagaaa..
#lap iler

Buru2 ambil piriiinggggg

Mami Zidane mengatakan...

saya juga doyan banget sama mpek-mpek...tapi sayangnya belum bisa bikin sendiri nih ummi....pernah nyoba bikin tapi gagal...hehe

Anggie...mamAthar mengatakan...

Aku maaaau.... (kan sudah ada yg di kulkas) *mengendap2

Dee Ayu mengatakan...

huaaa... to be continue nya berarti makan2 pempeknyaaa.. ^_^

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Yang Telah Berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Buscar