Mohon Maaf dan Kangen

Teman-teman semua... apa kabarnya?? lama tak membaca cerita kalian, sedih rasanya...
Beberapa hari ini Ummi tak sempat BW dan posting. Maklum, lagi pindahan rumah, jadi agak repot rasanya....

Kangen sebenarnya... tapi banyak hal yang harus dikerjakan. Maaf ya

*sekian curhatan yang singkat ini

Nabil 8 Bulan

Alhamdulillah anak sholeh Ummi dan Abi sekarang sudah 8 bulan. Di usia 8 bulan ini makin bertambahlah kepintarannya...

  1. Sudah lancar berdiri sendiri dan sekarang mulai merambat
  2. Makin pinter ngoceh, ta ta ta ....
  3. Suka nyengir sendiri kalo lihat bayangannya di cermin
  4. Hampir tumbuh gigi
  5. Sudah kenalan sama GTM
  6. Semakin sadar kamera, tapi jadi susah difotonya karena pingin diambil kameranya
  7. Kalo dengar suara Ummi baca bismillah, langsung deh senyum2, apalagi kalo udah melihat Ummi pegang Alqur'an, pingin diambil Alquran-nya
Alhamdulillah.. sehat selalu ya Nak...

Ketika Macan Terbangun Dari Tidur Panjangnya

Wah, serem banget ya baca judulnya, hehe... tenang aja isinya ga seram seperti judulnya ko.

Sebenarnya Ummi lagi pingin ikutan giveaway Uji Otak Berhadiah Novel yang dibuat oleh Sang Cerpenis Bercerita. Lalu apa hubungannya sama macan??? Tenang... tenang...

Sudah lama banget otak Ummi tidak diasah dengan mengerjakan soal-soal matematika seperti ini. Nah, kebetulan ada tantangan niy, ikutan ah. Maklum sebagai alumni jurusan matematika maka jiwa Ummi langsung tergugah (Ummi lebay) untuk mengerjakannya, ibarat macan yang terbangun dari tidur panjangnya. 

Begini soal yang diberikan:

5+3+2 =151022

9+2+4 =183652

8+6+3 =482466

5+4+5 =202541

6+5+9 =305479

Sudah disimak? Yap, sekarang jawablah pertanyaan ini.

7+7+7 = .....

Berikut jawaban Ummi :

Langkah 1 : Perhatikan soal dengan seksama

Langkah 2 : Definisikan angka dengan huruf

Dari langkah pertama maka akan terlihat polanya dan ditambah langkah kedua maka akan menjadi :

a+b+c = [x][y][z]
dimana :
x adalah 2 angka pertama
y adalah 2 angka kedua
z adalah 2 angka ketiga

Dan setelah mengutak-atik beberapa contoh yang diberikan maka didapatkan pola :
x = a*b
y = a*c
z = [(a*b)+(a*c)-b]

Maka untuk soal 7+7+7 jawabannya adalah :
a=7 ; b=7 ; c=7

x= a*b = 7*7 = 49
y= a*c = 7*7 = 49
z= [(a*b)+(a*c)-b] = [(7*7)+(7*7)-7] = 91

maka jawaban 7+7+7=494991

Jika menang, Ummi memilih novel Zona Tsunami karya Dewie Sekar

Ngeblog Itu (ternyata) Asyik

Dulu, gak pernah kebayang kalo Ummi bisa bikin apalagi punya blog sendiri. Pokoknya yang ada di kepala saat itu bahwa bikin blog itu susah deh, padahal belum dicoba, hehe. Salut deh sama teman-teman yang saat itu punya blog pribadi.

Tapi ternyata eh ternyata, begini ceritanya...

Pertama kali Ummi tertarik untuk bikin blog adalah ketika Ummi searching mengenai MPASI, karena kebetulan saat itu Nabil akan memasuki masa MPASI. Dan ketika searching di mbah google Ummi menemukan banyak sekali blog yang dibuat oleh ibu-ibu muda yang isinya ya tentang putra-putri mereka. Dari situlah Ummi mulai tertarik untuk membuat blog sendiri.

Jago menulis ??? tentu tidak. Ummi paling tidak suka jika disuruh menulis karena memang kemampuan menulis Ummi sangat terbatas. Lha wong nilai mata kuliah Bahasa Indonesia waktu kuliah aja C, malu-maluin aja ya. Tapi Ummi punya alasan yang kuat kenapa Ummi mau menulis di blog. Karena Nabil. Ya, Nabil-lah yang menjadi motivasi Ummi untuk menulis di blog.

Sebagai seorang full time mommy aka ibu rumah tangga tentu dalam 24 jam Ummi habiskan di rumah. Mengurus rumah tangga dan tentunya mendidik buah hati kami, Nabil.  Dan karena waktu Ummi lebih banyak Ummi habiskan di rumah, maka yang menjadi teman setia Ummi adalah seperangkat PC dengan koneksi internet tentunya. Ummi paling betah deh kalo sudah berada di depan komputer, hehe.

Untuk urusan ngeblog biasanya Ummi tunggu suasana tenang dulu. Setelah Abi berangkat kerja dan Nabil tidur. Tentunya setelah membereskan pekerjaan yang lain. Atau terkadang ketika menunggu Abi pulang kerja.

Yang pasti saat ini Ummi masih belajar mengatur waktu agar semua bisa dilakukan dengan baik dan tidak ada yang terzhalimi.

Curhatan Ummi kali ini, Ummi ikut sertakan di Suit Sepentin Giveaway punya DjanganPakies yang linknya Ummi dapatkan dari sini.



Photobucket


Pertama kali ikutan giveaway, semoga aja menang :D *ngarep

Lain Darah Lain di Lidah

Walaupun Ummi dan Abi sama-sama orang betawi, tapi untuk urusan lidah sepertinya selera kami tak sejalan dengan darah kami. Terbukti bahwa kami tidak terlalu suka dengan beberapa masakan atau makanan ala betawi. Entah karena memang sekedar tidak suka atau tidak menantang di lidah kami.

Bagi Ummi yang memang pecinta pedas, tentu banyak makanan yang akhirnya menjadi makanan favorit karena rasanya yang pedas. Sebut saja rujak, pempek, Mie Ayam, atau apapun yang rasanya pedas pasti habis dilahap Ummi.

Lain Ummi lain Abi. Walaupun Abi tidak suka dengan rasa pedas tapi Abi juga suka lho dengan beberapa makanan yang rasanya pedas. Habis enak siy kata Abi. 

Nah, salah satu yang menjadi makanan favorit kami berdua adalah pempek Palembang. Wuih... mantap deh. Makanan ini nih yang menjadi oleh-oleh wajib kalo Abi pergi ke luar kota (karena Abi sering ke Jambi dan Palembang). 

Biasanya Abi beli yang paket besar, harganya seratus ribu rupiah. Tapi kali ini Abi beli yang paket kecil, harganya lima puluh ribu rupiah. Isinya pun bisa dicampur-campur dengan berbagai jenis pempek. Rasanya mantab...


Mari makan....

Semoga... Bismillah

 
Gambarnya pinjam di sini

Ramadhan... Semoga tahun ini Ummi bisa ikut berpuasa selama satu bulan seperti Ramadhan tahun lalu.

Ya, Ramadhan tahun lalu ketika Ummi sedang hamil Nabil 7 bulan, Alhamdulillah Ummi kuat untuk berpuasa. Awalnya siy memang agak ragu tapi pas hari pertama dicoba dan dengan niat yang kuat Alhamdulillah Ummi bisa menjalaninya sampai saat berbuka tiba.

Dan tahun ini ketika Ummi sedang menyusui Nabil, semoga tetap kuat untuk berpuasa selama satu bulan. Bismillah...

Amin...

Puree Apel Jeruk - Obat GTM Nabil

Nah, ini dia niy obatnya waktu pertama kali Nabil kenalan sama GTM. Puree apel jeruk (atau jus apel jeruk). Sebenarnya Ummi iseng-iseng aja bikin puree ini. Eh ternyata habis dilahap sama Nabil. Waktu bikin puree ini Ummi bikinnya kebanyakan, bisa jadi dua porsi. Tapi karena Nabil lagi lahap-lahapnya akhirnya puree ini habis dalam sekali makan. Wah senangnya...

Bahan :
Buah Apel
Air Jeruk

Cara Membuat:
Blender apel dengan perasan air jeruk





Rasanya segerrrr banget apalagi jika disajikan dingin. Dan ternyata tidak cuma Nabil yang suka sama puree ini, tapi Ummi dan Abi juga suka. Jadi kalau Nabil tidak habis makannya, maka Ummi dan Abi siap menghabiskannya, hehe. Awalnya siy Abi tidak mau coba, tapi pas Ummi bilang enak, eh Abi mau cicipin dan malah ketagihan.

Kesimpulannya, ternyata Nabil udah mulai kenal rasa, bosan kali ya sama yang hambar. Pingin yang berasa. Ohya walau rasanya agak asem sedikit tapi Nabil tidak mengernyitkan mukanya. Wah Anak yang pintar ^^

Puree Jagung Manis

Ummi lagi kehabisan ide niy buat bikin makanan Nabil. Karbo yang udah sering dicoba adalah ubi dan kentang. Hmmm... bikin puree jagung enak kali ya... Pilih jagungnya yang manis ya... dan ternyata rasanya teteup manis lho walau sudah ditambahkan air untuk bikin puree. Mari kita buat...

Bahan:
Jagung Manis
Air secukupnya

Cara Membuat:
Kupas kulit jagung lalu dikukus (30 menit)
Setelah matang lalu pipil jagung
Haluskan jagung dengan blender
Setelah halus lalu disaring untuk memisahkan kulit arinya
Puree siap disantap

Hmmm... Enak lho rasanya manis

Alhamdulillha Nabil suka, *Ummi juga suka lho

Nabil Naik BW

Sebenarnya Ummi tidak ingin memperkenalkan Nabil dengan BW (baca: Baby Walker) karena beberapa artikel yang terkait dengan BW seperti ditulis di sini, di sini, dan di sini. Tapi karena Nenek yang memaksa Nabil untuk naik BW, jadi Ummi mengalah dulu deh. Lagipula ini sementara aja kok, mumpung lagi di rumah Nenek.

Kejadian ini terjadi ketika Nabil ngungsi ke rumah Nenek. Karena Nabil lagi seneng berdiri, dan repot rasanya kalau Nabil harus terus dijagain dan kebetulan BW bekas kaka Nanda sudah tidak terpakai lagi jadi langsung deh Nenek keluarin BW-nya dari gudang. Masih bagus memang karena tersimpan dengan rapih.

Awalnya Nabil tidak merasa nyaman ketika ditaruh di BW, tapi lama kelamaan Nabil pun menikmatinya dan tentunya masih dalam pengawasan.


Nabil sayang... Naik BW-nya sebentar aja ya. Ummi lebih senang melihat kamu berdiri sambil pegangan lalu merambat :)

Ngungsi ke Rumah Nenek

Sudah menjadi 'rutinitas' kalau Abi ada tugas ke luar kota dari kantor maka Ummi menginap di rumah Nenek (Ibu-nya Ummi). Untungnya kali ini ke luar kotanya hanya 3 hari saja. Sebenarnya antara sedih dan senang siy kalo Abi ke luar kota. Sedih karena tidak bisa bertemu sama Abi walau masih bisa sms-an setiap saat. Senang karena Ummi bisa pulang ke 'kampung halaman' tercinta.

Bagi Ummi ada kebahagiaan tersendiri ketika Ummi pulang. Ummi bisa bertemu dengan teman-teman semasa kecil walau hanya sekedar berbagi cerita. Dan ada satu hal lagi yang membuat Ummi selalu kangen sama rumah, yaitu masakan Nenek. Ya, setiap kali Ummi tiba di rumah pasti deh langsung menuju dapur dan meja makan, karena biasanya Nenek pun akan masak khusus kalau Ummi pulang. Sebenarnya tidak ada yang spesial dari masakan Nenek karena apa yang dimasak sama Nenek bisa saja didapatkan ditempat lain. Tapi... teteup aja beda rasanya kalau Nenek yang masak. Ngga ada yang bisa 'ngalahin deh. Ohya, yang bikin kangen sama masakan Nenek adalah penyajiannya. Nenek selalu menyajikan masakan yang hangat untuk anak-anaknya, jadi tambah sedep deh, hehe.

Bagi Nabil, ketika ada di rumah Nenek adalah saatnya bermain dengan kaka Nanda. Sepupu Nabil dari kakaknya Ummi. Rame banget deh kalo kaka Nanda udah ketemu sama Nabil. Ohya, Nabil sempet naik odong-odong lho, sayang tidak sempat diabadikan.


Nabil dan kaka Nanda

Bagi Abi, adalah sebuah ketenangan jika Ummi dan Nabil ngungsi ke rumah Nenek

Catatan: Semenjak Ibu sudah menjadi Nenek, maka Ummi pun memanggil Ibu dengan sebutan Nenek, niatnya siy supaya mencontohkan kaka Nanda (cucu pertama Nenek) untuk memanggil Nenek. Eh, keterusan deh sampe sekarang Nenek sudah punya dua cucu (Alhamdulillah).

Puree Mangga

Akhirnya kebagian juga Nabil makan mangga soalnya udah beberapa kali beli mangga tapi udah keburu habis dibikin jus untuk Abi. Wua... semenjak Ummi punya blender Abi jadi sering minta dibikinin jus padahal niat utama waktu beli blender ya buat bikin MPASI-nya Nabil. Eh, si Abi ga mau kalah juga ternyata :)

Mumpung mangganya udah mateng, langsung aja deh Ummi bikin buat Nabil.

Bahan:
Buah Mangga (Harumanis)

Cara Membuat:
Kupas mangga, ambil dagingnya
Blender, jadi deh

Hmmmm... Enak rasanya asem manis segerr...
Tapi pertama kali nyobain, Nabil agak kurang suka kayanya. Entah rasanya atau karena suasana makannya. Lain kali dicoba lagi ya Nak...


Puree Apel

Udah lama ga posting MPASI-nya Nabil niy... Maklum beberapa hari ini Nabil lagi 'kenalan' sama yang namanya GTM jadi rada ga semangat niy nulisnya. Tapi beberapa hari ini GTM-nya udah mulai berkurang walau kadang masih suka dateng lagi. 

Back to ...

Menu ini sebenarnya sudah bisa diberikan sejak 6m, tapi karena keduluan sama buah yang lain, alhasil buah apel baru Ummi kenalkan ke Nabil di usia 6m. Untuk usia 6m puree apel bisa disajikan dengan mengukus apel terlebih dahulu, nah baru di usia 7m boleh tidak dikukus lagi. Tapi karena ini pemberian pertama kali maka Ummi tetap mengukus apelnya. Mari kita buat puree-nya...

Bahan:
Buah Apel (cari yang manis ya)

Cara Membuat:
Kupas kulit apel, belah menjadi empat bagian
Buang bijinya, lalu dikukus hingga matang (15 menit)
Haluskan
Puree siap disajikan


Hmmm... Enak... rasanya manis lho, selain itu apel juga banyak manfaatnya. 
Apel kaya akan serat, fitokimia dan flavonoid. Fitokimia dalam apel berfungsi sebagai zat antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat, LDL (Low Density Lipoprotein) yang potensial menyumbat pembuluh darah. Sedangkan zat flavonoid merupakan unsur yang dapat mengurangi risiko terkena radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.

 Catatan:
Ummi menggunakan apel Fuji pada menu ini. Dan ketika mem-blender Ummi tidak menambahkan air putih lagi karena air yang ada dimangkok ketika mengukus cukup untuk dipakai.


Ahad Yang Panjang

Hari Ahad kemarin kami seharian keluar rumah, (sok banyak acara niy) berangkat pkl. 8.30 ke daerah pengadegan ada acara yang harus kami hadiri, tapi sebelumnya harus mampir dulu ke rumah saudara, anter titipan dari mertua. Sampai lokasi sekitar pkl. 8.30 dan ternyata acaranya belum dimulai padahal udah khawatir malu duluan karena datang telat (acara seharusnya mulai pkl. 8.00). Wah, ternyata acaranya di ruangan yang tidak terlalu besar dan peserta duduk di kursi. Hmmm, Nabil ga bakalan betah niy, karena sekarang Nabil lagi seneng-senengnya merangkak dan belajar diri. Alhasil Ummi pindah duduk ke bagian belakang karena bisa main dengan Nabil di lantai. Acara pun dimulai dan Ummi pun teteup sigap jagain Nabil. Kami hanya mengikuti acara ini setengah hari karena harus menghadiri resepsi pernikahan temennya Abi. 

Setelah sholat Dzuhur dan makan siang kami melanjutkan perjalanan ke daerah Kebayoran Baru (lupa nama tempatnya). Sesampainya di sana pun acara sudah sepi karena kami tiba pkl. 13.30. Ga apa-apa deh, yang penting bisa ketemu sama mempelai dan orang tuanya. 

Selepas itu, kami melanjutkan kembali perjalanan ke daerah Ciledug karena ada temen kuliah Ummi yang menikah. Pulang ke rumah Ibu dulu ah... sejenak melepaskan lelah sekalian titip Nabil dulu, jadi ke undangannya berdua aja sama Abi :)

Setelah sholat Ashar kami pun pamit karena harus pulang, tapi ga langsung pulang ke rumah niy, mau ke Blok M dulu beli sepatu futsal buat Abi sekalian deh beli sepatu buat Nabil. Cape juga ternyata. Kami sholat Maghrib di Masjid Nurul Iman yang terletak di lantai 7 Blok M Square. Masjidnya luaaaaaas banget. Lelah pun sedikit menghilang.

Saatnya pulang, ups belum deh karena harus mampir sebentar ke daerah Mampang untuk melihat rumah yang akan kami tempati. Wah ternyata yang punya lagi ga ada. Ya sudahlah kami putuskan untuk pulang saja.

Alhamdulillah kami tiba di rumah sekitar pkl 19.30, dan Alhamdulillah juga sepanjang hari itu pun Nabil ga rewel. Ah senangnya...
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Yang Telah Berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Buscar