Cuka Pempek

Bersambung dari sini...


Setelah selesai membuat pempeknya, sekarang giliran bikin kuahnya. Kalo orang palembang siy bilangnya cuko (bener ngga?). Berdasarkan sumber yang Ummi dapat bahwa untuk mendapatkan cuka yang enak, sebaiknya cuka diinapkan selama semalam.




Bahan-bahan:
600 ml air
400 gr gula merah
25 bh cabe rawit
20 bh bawang putih
6 sdt cuka
2 sdt garam


Cara Membuat:
Ulek kasar cabe rawit dan bawang putih
Masukkan semua bahan ke dalam air, masak hingga mendidih
Setelah matang, angkat lalu saring.
Inapkan cuka selama semalam
Cuka siap dinikmati bersama pempek


Bisa ditambahkan irisan timun jika suka
Kata Abi yang sering ke Palembang, tidak pernah menemukan pempek yang disajikan bersama irisan timun. Hmm... mungkin cuma ada di Jakarta aja kali ya yang makannya ditambahkan irisan timun. Mungkin sebagai penawar rasa pedas.

***

Dan hasilnya.... secara keseluruhan Alhamdulillah memuaskan *senyum sumringah. Enak, kata Abi :)


Note: Cuka yang diinapkan semalam rasanya memang lebih enak daripada ketika baru matang. Rasa asamnya lebih meresap dan rasa pedasnya pun berkurang.

6 komentar:

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

huaaaa umi bikin aku ngeces aja nih pagi2

Bunda Kanaya mengatakan...

glek.... langsung pengen telpon mertua minta dibikinin... hehe

Lyliana Thia mengatakan...

oh so yummy... untung kmrn Ayah Vania bawa pempek.. jd pengen bikin... hihihi...

aku pernah bikin nggak berhasil, Bun.. :-D

Nchie mengatakan...

Ummi aku mau satu mangkok aja..
ngiler nih..

BunDit mengatakan...

Aaaah...bikin ngeces *lap keyborad laptop* hahahaha. Selamat atas Sukses nya buat pempek dan cukonya :-)

Elsa mengatakan...

hiks... pingin pempek jadinyaaaa

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Yang Telah Berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Buscar