Tergoda Wangi Durian

Ketika itu sore menjelang maghrib. Saat membuka pintu rumah tiba2 tercium wangi aroma buah durian. Hmmm... enak banget baunya, Ummi bergumam dalam hati. Memang sudah lama sekali rasanya tak mencicipi buah yang satu ini. Lagipula kalo terlalu sering makan buah inipun rasa kenikmatannya akan berkurang. 

Tanpa berfikir lama Ummi pun masuk kembali ke rumah. Tanpa sempat berfikir siapa yang makan durian (ngga penting juga), Ummi pun langsung bilang ke Abi.

"A, ade pingin makan durian"

"yaudah beli aja" kata Abi

"tapi boleh ngga ya???" balas Ummi

Mendengar jawaban Ummi, Abi pun kembali berfikir dan meralat jawabannya. Rupanya Abi lupa kalo Ummi lagi hamil.

Sebenarnya siy selama hamil Ummi tidak ada pantangan makanan. Tapi rupanya Abi agak khawatir juga dengan kehamilan Ummi. Ya, akhirnya niat untuk makan durian diurungkan sementara.

Tapi tenang, ceritanya belum berhenti sampai di sini.

Beberapa hari kemudian ketika Ummi hendak ke rumah Nenek, Abi pun bertanya:

"Nanti mau bawa apa ke sana?"

"terserah" Jawab Ummi

Ternyata eh ternyata Abi kepingin bawa durian. Ya sekalian kita makan di sana gitu. Kebetulan selama perjalanan kami melewati tukang durian. Karena saat itu masih pagi, jadi baru satu orang saja yang sudah membuka dagangannya.







Sementara Abi sibuk memilih durian, Ummi mah sibuk foto-foto. Ternyata Abi mencicipi cukup banyak durian lho. Kurang manis kata Abi. Untung pedagangnya sabar jadi tetap dilayani dengan baik. Setelah mencicipi beberapa durian, akhirnya dapat juga. Kami membelinya 3 buah saja. 



Setibanya di rumah Nenek, kami pun sudah tak sabar ingin membukanya. Dan ternyata durian pilihan Abi cukup memuaskan. Rasanya manis. Hmmm... Akhirnya kesampean juga makan durian. Lumayan, makan 10 biji, ups. Awalnya sempet khawatir juga tapi setelah dilihat beberapa waktu Alhamdulillah Ummi baik-baik saja, dan semoga janinnya pun sehat-sehat selalu.

***

Sekilas Tentang Durian Untuk Ibu Hamil

Berdasarkan sumber yang Ummi dapatkan, dalam buah durian sebenarnya tidak mempunyai akibat langsung terhadap kehamilan. Namun di dalamnya terdapat dua zat yang pada kadar tertentu dapat memberi efek terhadap kehamilan.

Zat yang pertama adalah alkohol. Alkohol dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang janin yang salah satu diantaranya adalah BB lahir rendah.

Zat yang kedua adalah asam arachidonat. Asam ini adalah suatu senyawa yang merupakan prekursor alias pencetus pembentukan prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah suatu senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim yang berakibat pada keguguran (pada trimester pertama) atau kelahiran prematur (pada kehamilan di bawah 36 minggu).

Namun demikian, kadar kedua zat tersebut dalam buah durian tidak mencukupi untuk menimbulkan kedua efek di atas. Dengan kata lain, buah durian aman untuk dikonsumsi selama masih segar dan bersih serta dengan porsi yang tidak berlebih. 

Intinya segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik ya...

9 komentar:

Mami Zidane mengatakan...

kalo saya suka banget dengan aroma durian ummi, tapi kalo suruh makan paling banyak makan 2 biji pasti udah eneg tuh...hehe...

HEЯRY mengatakan...

dimana-mana memang lagi musim durian ya, dari yang belum mateng sampai yang nggak ada bijinya alias tebel dagingnya..hehe
saya juga suka sama durian.. :)

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

aku juga waktu hamil menghindari durian, apalagi dokternya juga menyarankan begitu

Nia mengatakan...

aku wkatu hamil ngga berani sama sekali makan durian...emang sebenarnya gpp..tp takut aja....daging kambing juga aku ngga makan....soale daging kambing sama durian kan bikin perut panas...kasihan babynya nanti heheh....

dan aku kalo makan durian ngga bisa banyak2...paling banter 5 biji aja udah eneg heheh...

Bunda Kanaya mengatakan...

aku ga doyan durian mi..... kasian yaa.....hehehe

Mrs. Nuki mengatakan...

Iya Ummi...selama ga berlebihan konsumsinya, insyaalloh aman kok untuk ibu hamil. Waktu hamil Hanuun aku juga sempet beberapa kali makan duren, alhamdulillah gapapa.

Hihihi, sempet2nya ya Mi motoin c Abi lagi milih duren;)

Mugniar mengatakan...

Salam kenal Ummi.
Adik saya juga kadang2 pakai nama mirip nama Ummi, tapi dia lebih suka memakai nama Ummu Nabil... #hehehe komen geje#

Sy pernah melihat 2 orang teman lagi hamil besar, balapan makan durian. Alhamdulillah keduanya gak apa2. Untungnya belum sampai berlebihan. Betuul itu, yg berlebihan pasti tidak baik :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah ngidam duren...aku malah gak suka duren.

Anggie...mamAthar mengatakan...

Kayanya emg gpp kok bumil makan durian, kl emg ga ada masalah dan makan secukupnya... ^^

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Yang Telah Berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Buscar