Review MPASI Nabil 6m

Alhamdulillah... satu bulan sudah Nabil berada pada masa MPASI. Pengalaman pertama bagi Nabil, dan tentunya pengalaman pertama juga buat Ummi untuk bikin MPASI. Ohya, jauh-jauh hari sebelum Nabil berusia 6 bulan, Ummi udah mulai searching tentang yang namanya MPASI, dan secara tidak sengaja Ummi akhirnya ikutan milis MPASI Rumahan, dan hhmmmm... baru terbukalah wawasan Ummi bahwa seorang ibu bisa lho bikin menu MPASI yang sehat buat anaknya, karena sebelumnya Ummi kira yang namanya makanan (bubur) bayi cuma ada yang instant yang kaya dijual di minimarket atau supermarket itu.

Kembali ke MPASI Nabil...

Selama satu bulan ini Nabil sudah mencoba beberapa jenis makanan, seperti: Tepung beras merah, tepung beras coklat (pake tepung gasol), labu siam, kentang, pir, pisang, pepaya, dan kabocha (akhirnya). Semua makanan yang dicoba, pake aturan 4 hari (ada yang cuma 3 hari siy ^^). Kenapa 4 hari??? supaya tau, apakah Nabil ada reaksi alergi dan bagaimana rekasinya setelah mencicipi makanan tersebut, untuk lengkapnya baca di sini.

Frekuensi makan Nabil masih 1x sehari, cuma di akhir2 6m aja dicoba 2x sehari sekalian adaptasi pas 7m. Alhamdulillah tidak ada penolakan yang berarti setiap kali mencoba menu baru, kalo dilepeh-lepeh dikit siy wajar, mungkin bikinnya terlalu kental jadi susah untuk ditelan. Disembur-sembur juga pernah, tapi teteup lahap makannya.

Review menu 6m:
  1. Tepung beras merah: no alergi, no sembelit, Nabil suka, pupnya lancar
  2. Tepung beras coklat: idem
  3. Kentang: no alergi, bikin sembelit, Nabil suka
  4. Labu siam: Nabil suka dan aman, pupnya jadi warna ijo :D
  5. Pir: Ampuh atasi sembelit setelah makan kentang, rasanya enak, manis banget
  6. Pisang: Agak bikin sembelit tapi ga terlalu ko' dan kayanya Nabil agak kurang suka ya sama pisang :(
  7. Pepaya: no alergi, pupnya lancar tapi teksturnya sangat padat, jadi Nabil selalu nangis kesakitan pas BAB.
  8. Kabocha: no alergi, warna pup-nya sama kaya warna kabocha-nya, ups!
Yang Belum Sempat Dicoba di 6m:
  1. Alpukat (lagi ga musim alpuket niy..)
  2. Apel
  3. Jeruk
  4. Zuchini
  5. Gasol kacang hijau
  6. Ubi manis
Yang Akan dicoba di 7m:
  1. Quaker
  2. Tahu
  3. Tempe
  4. Ketimun
  5. Melon
  6. Mangga

Yang Terjadi di MPASI 6m
  1. Nabil lebih seneng makannya dipangku Ummi daripada duduk di stroller (maklum ga punya high chair :) )
  2. Mood terbaik saat makan adalah setelah mandi pagi dan setelah bangun tidur siang (makannya jadi lahap)
  3. Alhamdulillah Nabil selalu suka sama makanan yang Ummi buat, dan inilah yang bikin Ummi jadi semangat tuk masak MPASI rumahan
Prinsip yang harus dipegang teguh oleh Ummi:
  1. Baca doa sebelum dan sesudah makan (harus dibiasakan sejak dini), dan efeknya sudah terasa saat ini. Kalo Ummi udah baca doanya trus Nabil senyum2 deh karena dia udah tau berarti waktunya makan telah tiba
  2. Makan harus sambil duduk (sunnah Rasulullah), biar konsen makannya 
  3. Makan boleh sambil bercerita (sunnah Rasul juga), biar lebih akrab dan suasana lebih santai
  4. Tidak ada paksaan untuk makan sampai habis, buat suasana makan se-fun mungkin
  5. Makan tidak boleh sambil main, coz jadi ga konsen makannya
  6. Makan tidak boleh sambil nonton TV
Semoga Ummi selalu "istiqomah" dengan "prinsip" di atas ^^
    Ohya, satu hal yang selalu bikin Ummi deg2an/khawatir di masa2 MPASI 6m ini adalah kalo Nabil tidak/belum pup dalam satu hari, duh rasanya gimana gitu, harap2 cemas menanti pup-nya Nabil. Dan satu hal yang bikin Ummi lega adalah kalo Nabil pup-nya lancar. Wuih.. senangnya gak kebayang deh... xixixi

    Sekian review nya, semoga bermanfaat

    Salam,
    Ummi Nabil

    2 komentar:

    Raudah mengatakan...

    yang terakhir, tentang "harap2 cemas menanti pup". Kok samaan banget ya bund. Sama juga, kentang bikin sembelit...:(

    Ummi Nabil mengatakan...

    :)

    Posting Komentar

    Ada kesalahan di dalam gadget ini

    Yang Telah Berkunjung

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Ada kesalahan di dalam gadget ini

    Buscar