Mainan Baru-ku

Biasanya kalo Ummi lagi ngerjain sesuatu, pasti deh Nabil langsung merengek-rengek buat cari perhatian Ummi-nya. Tapi... sekarang ngga lagi, karena Nabil pun sibuk dengan "mainan" barunya.

Ngacak2 Baju




Ngacak2 Baju Sambel Belajar Berdiri



Mainan Roda Stroler


Mainan Bak






Satu... Satu... Nabil Sayang Allah

Lagu ini terinspirasi dari lagu "satu satu aku sayang Ibu", lirik diubahsesuaikan oleh Ummi


Satu... Satu... Nabil Sayang Allah
Dua... Dua... Sayang Rasulullah
Tiga... Tiga... Sayang Ummi Abi
Satu, Dua, Tiga, Sayang semuanya...



Apakah Ini GTM ???

Entahlah, apakah ini bisa disebut GTM (baca: Gerakan Tutup Mulut) atau tidak. Tapi yang jelas sudah beberapa hari ini Nabil selalu meronta-ronta ketika makan dan sampai akhirnya menangis, walau makanannya tetep habis semangkok. Padahal dari pertama kali MPASI, semuanya berjalan sangat baik. Apa mungkin bosan sama teksturnya ya?? Pingin coba dikasi bubur kasar, tapi belum ada giginya. Duh, ada apa ini ya??? Semoga 'badai' ini cepat berlalu.


Nabil sayang...makan yang lahap ya Nak...

Puree Ubi Merah

Ummi lupa, ternyata masih nyimpen stok Ubi merah buat MPASI Nabil. Karena sebaiknya kalo abis dibeli jangan dioleh dulu, tunggu beberapa hari baru seteleh itu diolah. Kata ibuku siy, biar berasa manisnya gitu. Pas diliat ternyata udah ada beberapa bagian yang busuk. Duh, saking kelamaan nyimpen jadi gini deh. Tapi sayang kalo dibuang. Alhasil Ummi buang bagian yang busuk trus bagian yang masih bagus Ummi kukus. Dan rasanya masih enak...

Bahan :
Ubi Merah

Cara membuat:
Kupas Ubi, cuci, dan belah menjadi 4 bagian
Kukus hingga matang (30 menit)
Haluskan ubi (jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih halus bisa disaring lagi dengan saringan kawat)

Nutrisi Utama: Beta-karotin & Potasium 

Catatan: 
warna pup-nya kalo abis makan ubi ternyata sama dengan warna puree-nya, xixixi


Jakarta Oh Jakarta

Hari ini ulang tahunnya Jakarta ya?? hohoho.. sebagai warga baru Jakarta Ummi cuma berharap segala masalah yang ada di Jakarta ini terselesaikan, atau minimal berkuranglah. 

Tentang Jakarta, sebenarnya Ummi ngga ingin bercerita banyak, karena Ummi baru tinggal di Jakarta baru hampir 2 tahun karena sebelumnya Ummi tinggal di Tangerang (hihihi, tetangganya Jakarta).


Satu kata yang terlintas dalam benak Ummi ketika melintas kata Jakarta, yaitu : MACET. Hufff.... pusing banget deh kalo mau pergi kemana-mana harus terjebak sama yang namanya macet. Hmmm... kapan ya Jakarta ngga macet lagi??? ada yang tau jawabannya ???

10 Hal Tentang Ummi

Baru tau kalo di dunia blogger ada yang namanya tag-tag an, kirain di FB doang. Maklum, soalnya Ummi kan masih newbie jadi masih harus banyak belajar tentang dunia yang baru ini. Dan Ummi pun baru tau kalo di-tag itu artinya kita diminta untuk menulis juga tentang tema yang sama dengan yang nge-tag, hohoho... makasi ya Ibu Dey, karena setelah membaca postingannya Ummi baru tau akan hal itu.. duh kasian ^_______^

Baiklah dilanjutkan...

Jadi ceritanya Ummi di-tag sama Mba Susi untuk menulis tentang 10 hal yang menggambarkan diri kita. Hmmmm sebenarnya tulisan ini akan lebih objektif jika orang lain yang menulisnya, tapi karena diminta untuk mendeskripsikan diri sendiri, ya sudahlah... Ummi coba untuk menulisnya ^^

1. Suka sama makanan semua daerah
Walaupun Ummi ini orang betawi tapi lidah Ummi cocok dengan berbagai citarasa makanan dari daerah manapun (rakus banget yak)

2. Senyumannya misterius
Kalo yang ini siy sering dijulukin sama temen2 kampus waktu kuliah dulu. Senyum berjuta makna katanya ^^

3. Suka Baca
Baca buku atau apapun termasuk baca blognya temen2

4. Pendengar Setia
Siapapun yang bercerita, dengan setia Ummi akan mendengarkan

5. Perfeksionis
Setiap melakukan sesuatu pekerjaan harus dengan sempurna sampe ke detail2nya

6. Ngga Bisa Baca Komik
Ummi emang suka baca, tapi ga suka (alias ga bisa ) baca komik karena terkadang urutannya ngacak2, hehe

7. Suka Warna Hitam
Warna favorit sejak kuliah sampe menikah (eh, ternyata suami juga suka warna hitam.. klop deh)

8. 'Agak' Keras Kepala'
Kalo udah punya pendapat, kekeuh sama pendapat sendiri

9. Selalu Berusaha Ontime
Lebih baik menunggu daripada ditungguin orang

10. Pendiam
Kesan pertama kalo mengenal Ummi, ya orangnya pendiam

PR ini akan Ummi bagikan ke tetangga Ummi. Karena tetangga Ummi belum banyak, maka cukup 3 orang yang kebagian PR-nya, mohon diterima ya Mba Netta Bundanya Zi, Mba Reylia Bundanya Rasya, dan Bundanya Kanaya.

4 Days Rule

Tulisan ini Ummi copas dari blog MPASI Rumahan...
Berikut tulisannya :

*************************************************************************************
tulisan ini telah dipublish di milis mpasirumahan 23 Mei 2008.
Ditulis bebas dari artikel di www.wholesomebabyfood.com

Ini adalah aturan yang berguna untuk mengetahui apakah anak kita alergi terhadap satu makanan/bahan makanan.

Kayaknya sepele, tapi berguna sekali lho! Terutama bagi bayi yang baru mulai makan makanan padat/MPASI. Susah juga kan kalo anak kita alergi…. Yang susah ya maknya juga,.,,, heheheh

Selain itu kita jadi tahu, dan bisa langsung menghindari makanan-makanan tersebut. Aturan itu adalah:
1. Berikan bayi makanan yang SAMA selama 4 hari berturut-turut.
Hal ini untuk melihat, apakah ada reaksi alergi dari si anak terhadap makanan.

2. Jangan memperkenalkan lebih dari 1 macam makanan baru dalam satu waktu. Kalau kita mencampur lebih dari 1 makanan dan ternyata terjadi alergi, kita nggak akan tahu makanan mana yang bikin alergi. Gicuu…

Nggak usah mikir apakah bayi akan bosan atau tidak. Kebanyakan bayi baru makan belum ngerti apa yang mereka makan. Asalkan rasanya nggak beda jauh sama yang mereka `makan' sebelumnya… yaitu ASI/Sufor. (itulah sebab makanan bayi pertama kali sebaiknya dibuat encer
dengan tambahan ASI/Sufor)

Kedua aturan simple tadi akan sangat membantu, terutama kalau memang ada `turunan' alergi dari orang tua/keluarga.
Reaksi alergi itu sendiri biasanya akan muncul dalam 24 jam setelah makanan masuk.

Oya, akan lebih baik mengenalkan makanan baru di pagi hari atau siang hari.

Kenapa?
Karena, kalau misalnya terjadi reaksi alergi, kita bisa dengan mudah membawa ke dokter. Dan kalaupun parah, akan lebih mudah mencari bantuan di siang hari daripada malam hari kan?

Naah.. bila bayi sudah diperkenalkan pada sebuah bahan makanan dan nggak terjadi reaksi alergi / reaksi pencernaan, baru deh boleh dicampur-campur… AMAN!


************************************************************************* 


Semoga bermanfaat 

Salam,
Ummi Nabil

Arti Namaku

Nabil 2m1w
Assalamu'alaikum semuanya....

Perkenalkan ya...
Nama aku Nabil Hisyam Ismail
Nabil itu artinya "cerdas"
Hisyam itu artinya "murah hati"
Ismail itu adalah nama Nabi, selain itu diambil dari nama Abi dan karena pas aku lahir bertepatan dengan hari raya Idul Adha



Jadi, kalo digabungin artinya aku itu adalah orang yang cerdas dan murah hati alias tidak sombong. Itulah doa dari Ummi dan Abi untukku :)

Ohya, cita2ku ingin menjadi seorang penghafal Qur'an. Doakan aku ya... :)

Puree Ketimun

Nabil udah masuk 7 bulan niy... berarti makannya sekarang udah 2x sehari dan Ummi juga harus cari menu2 baru untuk dikasi ke Nabil. Di usia 7m ini belum banyak siy sayuran yang bisa dikenalin ke Nabil, masih terbatas. 

Hmmmm... setelah makan kabocha yang rasanya manis, Ummi pingin coba kasi ke Nabil yang rasanya hambar lagi. Kira2 Nabil suka ga ya??? Mari kita coba...

Bahan:
Ketimun

Cara Membuat:
Kupas ketimun, belah menjadi 4 bagian lalu buang bijinya
Kukus hingga empuk/matang
Setelah matang, haluskan
Puree ketimun siap disajikan

Alhamdulillah Nabil suka *ye ye ye....

Catatan:
Ketika mem-blender ketimun Ummi tidak menambahkan air karena ketimun sudah cukup berair

Cari Perhatian

Wua.... sekarang anak Ummi udah makin pinter, pinter cari perhatian Ummi-nya. Kalo Ummi udah duduk di depan komputer, mulai deh Nabil beraksi. Pura-pura nangis (soalnya ga ada air matanya) dan ga akan berhenti sebelum Ummi-nya nemenin main. Nah, kalo Ummi-nya udah nemenin main, langsung deh mukanya ketawa2.


 
Begini nih tampangnya kalo lagi cari perhatian Ummi

Meskipun anaknya udah nangis, Ummi siy teteup foto2 gayanya Nabil yang gemesin

Review MPASI Nabil 6m

Alhamdulillah... satu bulan sudah Nabil berada pada masa MPASI. Pengalaman pertama bagi Nabil, dan tentunya pengalaman pertama juga buat Ummi untuk bikin MPASI. Ohya, jauh-jauh hari sebelum Nabil berusia 6 bulan, Ummi udah mulai searching tentang yang namanya MPASI, dan secara tidak sengaja Ummi akhirnya ikutan milis MPASI Rumahan, dan hhmmmm... baru terbukalah wawasan Ummi bahwa seorang ibu bisa lho bikin menu MPASI yang sehat buat anaknya, karena sebelumnya Ummi kira yang namanya makanan (bubur) bayi cuma ada yang instant yang kaya dijual di minimarket atau supermarket itu.

Kembali ke MPASI Nabil...

Selama satu bulan ini Nabil sudah mencoba beberapa jenis makanan, seperti: Tepung beras merah, tepung beras coklat (pake tepung gasol), labu siam, kentang, pir, pisang, pepaya, dan kabocha (akhirnya). Semua makanan yang dicoba, pake aturan 4 hari (ada yang cuma 3 hari siy ^^). Kenapa 4 hari??? supaya tau, apakah Nabil ada reaksi alergi dan bagaimana rekasinya setelah mencicipi makanan tersebut, untuk lengkapnya baca di sini.

Frekuensi makan Nabil masih 1x sehari, cuma di akhir2 6m aja dicoba 2x sehari sekalian adaptasi pas 7m. Alhamdulillah tidak ada penolakan yang berarti setiap kali mencoba menu baru, kalo dilepeh-lepeh dikit siy wajar, mungkin bikinnya terlalu kental jadi susah untuk ditelan. Disembur-sembur juga pernah, tapi teteup lahap makannya.

Review menu 6m:
  1. Tepung beras merah: no alergi, no sembelit, Nabil suka, pupnya lancar
  2. Tepung beras coklat: idem
  3. Kentang: no alergi, bikin sembelit, Nabil suka
  4. Labu siam: Nabil suka dan aman, pupnya jadi warna ijo :D
  5. Pir: Ampuh atasi sembelit setelah makan kentang, rasanya enak, manis banget
  6. Pisang: Agak bikin sembelit tapi ga terlalu ko' dan kayanya Nabil agak kurang suka ya sama pisang :(
  7. Pepaya: no alergi, pupnya lancar tapi teksturnya sangat padat, jadi Nabil selalu nangis kesakitan pas BAB.
  8. Kabocha: no alergi, warna pup-nya sama kaya warna kabocha-nya, ups!
Yang Belum Sempat Dicoba di 6m:
  1. Alpukat (lagi ga musim alpuket niy..)
  2. Apel
  3. Jeruk
  4. Zuchini
  5. Gasol kacang hijau
  6. Ubi manis
Yang Akan dicoba di 7m:
  1. Quaker
  2. Tahu
  3. Tempe
  4. Ketimun
  5. Melon
  6. Mangga

Yang Terjadi di MPASI 6m
  1. Nabil lebih seneng makannya dipangku Ummi daripada duduk di stroller (maklum ga punya high chair :) )
  2. Mood terbaik saat makan adalah setelah mandi pagi dan setelah bangun tidur siang (makannya jadi lahap)
  3. Alhamdulillah Nabil selalu suka sama makanan yang Ummi buat, dan inilah yang bikin Ummi jadi semangat tuk masak MPASI rumahan
Prinsip yang harus dipegang teguh oleh Ummi:
  1. Baca doa sebelum dan sesudah makan (harus dibiasakan sejak dini), dan efeknya sudah terasa saat ini. Kalo Ummi udah baca doanya trus Nabil senyum2 deh karena dia udah tau berarti waktunya makan telah tiba
  2. Makan harus sambil duduk (sunnah Rasulullah), biar konsen makannya 
  3. Makan boleh sambil bercerita (sunnah Rasul juga), biar lebih akrab dan suasana lebih santai
  4. Tidak ada paksaan untuk makan sampai habis, buat suasana makan se-fun mungkin
  5. Makan tidak boleh sambil main, coz jadi ga konsen makannya
  6. Makan tidak boleh sambil nonton TV
Semoga Ummi selalu "istiqomah" dengan "prinsip" di atas ^^
    Ohya, satu hal yang selalu bikin Ummi deg2an/khawatir di masa2 MPASI 6m ini adalah kalo Nabil tidak/belum pup dalam satu hari, duh rasanya gimana gitu, harap2 cemas menanti pup-nya Nabil. Dan satu hal yang bikin Ummi lega adalah kalo Nabil pup-nya lancar. Wuih.. senangnya gak kebayang deh... xixixi

    Sekian review nya, semoga bermanfaat

    Salam,
    Ummi Nabil

    Puree Kabocha

    Wah... akhirnya kesampean juga niy Nabil makan kabocha :) walaupun di akhir2 6m. Soalnya kan ni buah cuma ada di SM (baca: supermarket), jadi kalo pas giliran jadwal bulanan aja Ummi ke SM, masa ke SM beli kabocha doang, ya ngga lah. Nah, untungnya Abi lagi mau ke TOTAL beli strawberry, jadilah Ummi nitip beli si kabocha ini buat Nabil, katanya siy bagus buat MPASI.. ya mudah2an aja. Cara bikinnya juga gampang:

    Bahan:
    Kabocha
    ASI atau sufor secukupnya
    Cara membuat:
    Belah kabocha (sekitar 4 ruas jari), kukus hingga empuk (cukup 15 menit saja)
    Setelah matang buang biji dan kupas kulitnya, lalu haluskan
    Untuk penyajiannya bisa ditambahkan ASI atau sufor (pake air juga bisa siy ^^)


    Catatan:
    Sebaiknya mengukus kabocha masih dengan biji dan kulitnya, karena yang dekat bijinya itulah yang manis, selain itu mengupasnya pun jauh lebih mudah.

    Alhamdulillah Nabil suka...




    Puree Kentang Saus Pepaya

    Menu ini sebenarnya dibuat dalam rangka uji coba untuk makan 2x sehari, karena usia Nabil sebental lagi mau 7m. Nah supaya irit tenaga, menu pagi dan siangnya disamain aja deh. Paginya makan puree pepaya, nah siangnya ditambah dengan puree kentang. Maksa ya?? gapapa deh namanya juga lagi uji coba.

    Cara bikinnya gampang, siapkan puree pepaya dan puree kentang secara terpisah. Untuk penyajiannya tetap terpisah, bisa dicapur ketika mau disuapi ke anak.

    Ni dia penampakannya :

    Sepertinya uji coba makan 2x sehari-nya gagal. Coz pas makan siang Nabil lagi ngantuk, jadi cuma habis beberapa suap aja. Insya Allah lain kali dicoba lagi ya Nak...

    Puree Pepaya

    Pepaya termasuk buah yang sering Ummi beli, selain harganya murah dan rasanya yang manis, pepaya juga bisa memperlancar BAB. Walaupun Abinya Nabil ga suka sama pepaya, Ummi berharap Nabil suka sama pepaya ini. 

    Bahan:
    Buah Pepaya

    Cara Membuat:
    Haluskan pepaya, jadi deh :D
    (gampang banget ya??!!)
    Ummi menghaluskan pepaya dengan blender dan tidak ditambahkan air atau apapun karena pepaya cukup mengandung air.


    Alhamdulillah Nabil suka sama puree pepaya (yes..yes..yes), makannya lahap, bikinnya pun gampil alias gampang dan cepat. Tapi... sepertinya pepaya ini bikin pup Nabil jadi keras. Pup nya siy lancar (setiap hari) tapi ga tega setiap kali Nabil mau pup dia pasti nangis (mungkin karena sakit kali ya??). 

    Nah ini niy penampakannya setelah makan puree pepaya:


    Sehat selalu ya Nak... makan yang lahap..

    NB:
    Pepaya merupakan sumber yang tinggi kandungan betakaroten, vitamin C, mineral kalium dan magnesium, serta mengandung senyawa flavonoid. Pepaya juga mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai penghancur serat makanan sisa sehingga dapat mencegah sembelit. Pemberian sebaiknya dilakukan secara bertahap, jangan langsung dalam jumlah banyak. Misalnya, 2 sendok makan, kemudian meningkat 4 sendok. Jangan langsung 1 mangkuk. Jika terlalu banyak akan menyebabkan hiperkaroten, bahkan dapat mengganggu saluran pencernaan bayi.

    Puree Kentang

    Sebenarnya menu ini udah lama dikenalin ke Nabil, cuma baru sempet nulis sekarang. Kentang itu termasuk Umbi dan mengandung protein yang disebut patatin khusus untuk jenis sayuran. Alasan kenapa Ummi mengenalkan Nabil dengan kentang di awal MPASI adalah karena rasanya yang "biasa aja" alias tawar.


    Bahan :
    Kentang
    ASI atau sufor

    Cara membuat:
    Cuci bersih kulit kentang, belah manjadi 4 bagian 
    Kukus hingga matang/lunak (20-30 menit)
    Setelah matang, haluskan kentang dan saring dengan menggunakan saringan kawat
    Untuk penyajiannya bisa ditambah dengan ASI atau sufor secukupnya

    Untuk mengukus kentang sebaiknya memang dengan kulitnya karena dapat menjaga nutrisi dalam daging kentang. Selain itu memang lebih mudah mengupas kentang setelah dikukus daripada dalam keadaan mentah. ya kan??!!

    Catatan:
    Sepertinya kentang ini bikin Nabil sembelit, alhasil setelah makan puree kentang pupnya jadi padat (tidak cair sedikitpun) dan sedikit pula.. hadooohh.. apa bikin puree nya kekentalan ya?? udah gitu cairinnya pake air pula.. *lagi males pompa ASI (maaf ya Nak..)

    Ummi ga sempet foto2 Nabil waktu makan puree kentang.. huhuhu...

    NB:
    Nutrisi Utama: Potasium & Niacin (a B Vitamin) 

    Karpet Tenun Eksklusif Warna Menarik

    Ummi-nya Nabil jualan niy... iseng-iseng (semoga) bermanfaat :)


    Karpet ini asli buatan Indonesia lho,, dibuat oleh pengrajin asli Indonesia. Warnanya yang sangat eye catching akan mempercantik rumah Bunda lho...


    Bisa buat alas untuk anak bermain di lantai, untuk alas nonton TV juga bisa ^^

    Ukuran : 140cm X 200cm (tebal +/- 1 cm) 


    Biru Kuning

    Hijau Kuning

    Coklat Tua

    Merah Kuning

    Tosca

    Coklat Kuning

    Pink Kuning

    Bagi yang berminat silakan tinggalkan pesannya ya...

    Puree Pisang

    Setiap mencoba makanan baru, selalu ada rasa khawatir akan reaksi yang muncul apalagi ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan sembelit pada bayi. Salah satunya adalah pisang. Pisang yang Ummi gunakan adalah pisang ambon karena rasanya manis dan kandungan gizi yang sangat baik.

    Mudah-mudahan Nabil suka dengan pisang ini. Bismillah.... mari kita bikin puree pisangnya...


    Bahan:
    Pisang ambon
    ASI atau Sufor secukupnya

    Cara Membuat:
    Kerok pisang dan berhenti di bagian tengah atau bijinya, karena itulah yang bisa menyebabkan sembelit. Campurkan ASI atau sufor seckupnya untuk menghasilkan kekentalan yang diinginkan. Puree pisang siap disajikan

    Agak aneh ketika ngeliat reaksi Nabil makan puree pisang, mungkin karena ada rasa asemnya sedikiiiiit kali ya...

    Tak lupa Ummi "pamer" wajah Nabil setelah makan puree pisang

    Sehat selalu ya Nak...

    NB:
    Kandungan pisang mudah diserap oleh tubuh. Banyak mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C dan B. Pilihlah pisang yang matang. Kandungan vitamin C, B kompleks, B6 dan serotonin pada pisang berfungsi sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak

    Puree Pir

    Sebenarnya buah menjadi menu terakhir yang Ummi kenalkan ke Nabil (pertama karbo, kedua sayur, ketiga buah), tapi karena udah beberapa hari ini pup-nya Nabil teksturnya solid dan sedikit maka dibuatlah menu dadakan ini, dan Ummi berharap pup-nya Nabil normal kembali.


    Bahan:
    Buah Pir (xiang lie)

    Cara membuat:
    Kupas pir, belah menjadi 4 bagian, buang biji yang di tengah.
    Kukus pir sampai empuk dan matang (20-30 menit)
    Haluskan pir dan siap disajikan

    Catatan:
    pir xiang lie ini rasanya manis (ga ada asemnya sedikit pun), dan setelah dikukus rasanya jadi sangat manis.

    Hari pertama makan puree pir, Nabil malah ga pup. Hari kedua, pup sedikit. Hari ketiga (Alhamdulillah) pup nya banyak dan teksturnya normal kembali.


    NB:
    Buah pir mudah dicerna oleh bayi. Karenanya pir dapat diperkenalkan secara dini. Pir kaya akan kandungan serat yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Kupas terlebih dahulu kulitnya sebelum diolah agar lebih mudah dicerna. 

    Share It

    Yang Telah Berkunjung

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Ada kesalahan di dalam gadget ini

    Buscar

    Memuat...